Mobirise

MENINGKATKAN BISNIS DENGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Sekali waktu saya membuka salah satu aplikasi e-book di smartphone saya untuk melakukan update buku-buku bisnis terbaru. Pada saat saya membuka aplikasi tersebut dan mulai mencari pada bagian new-release, saya dikejutkan dengan adanya menu informasi pada bagian saran terkait buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan saya. Saya kemudian membuka menu tersebut dan saya menemukan beberapa referensi buku bisnis, tidak semua baru, namun cukup sesuai dengan kebutuhan saya. Nampaknya aplikasi ini mengerti buku-buku apa saja yang saya cari. Saya bertanya di dalam hati, “Bagaimana aplikasi ini bisa begitu mengerti kebutuhan saya, bahkan sebelum saya menyadari kebutuhan tersebut?”.

Sebagian besar dari Anda, mungkin pernah mengalami pengalaman yang saya alami dengan produk-produk lainnya, seperti ketika Anda berbelanja on-line di market place dengan menggunakan aplikasi belanja yang tersedia di smartphone Anda.

Hal ini menunjukkan kekuatan dari database customer yang dikelola dan dianalisis sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan untuk dan meningkatkan hubungan dengan customer yang pada akhirnya membawa pada peningkatan bisnis, inilah yang disebut dengan Customer Relationship Management (CRM) yang mulai berkembang pada akhir tahun 1990.

Dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi, CRM berkembang sangat pesat dengan jangkauan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bayangkan saja sebelum customer menyadari kebutuhan belanja bajunya, aplikasi di smartphone dapat memberikan saran terkait dengan kebutuhan lainnya seperti warna, model dan ukuran secara lengkap, tidak hanya baju, tetapi juga celana, sepatu, dan lain sebagainya.

Proses CRM dimulai dengan mendapatkan beberapa informasi customer seperti:

Rincian transaksi yang pernah dilakukan.
- Tanggal lahir.
- Alamat tempat tinggal.
- Bidang pekerjaan
- Alamat kantor tempat bekerja.
- Jumlah anak berikut jenis kelamin dan usianya.
- Kendaraan yang digunakan.
- Data-data lainnya.

Selanjutnya semua data customer dianalisis melalui penggunaan Market Intelligence Enterprise (MIE) dan didapatkan segala informasi terkait kebutuhan customer dan peluang bisnis yang dapat dikembangkan. Berikut beberapa informasi yang dihasilkan di antaranya:
- Siapa saja customer Anda?
- Bagaimana customer berinteraksi dengan bisnis Anda?
- Bagaimana harapan customer terhadap bisnis Anda pada masa depan?
- Berapa nilai yang dapat diberikan oleh customer kepada bisnis Anda di masa depan?

Dengan CRM, memungkinkan sebuah perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan customer dan meningkatkan bisnis melalui:
- Mempertahankan customer yang sudah ada dengan terus memenuhi kebutuhannya saat ini. - 
- Menjual produk-produk lainnya kepada customer dengan menciptakan kebutuhan lainnya.
- Memenangkan customer yang sudah tidak aktif untuk kembali aktif.
- Menggali customer baru yang belum terjangkau.

Penerapan CRM telah terbukti di banyak perusahaan di seluruh dunia dan akan terus berkembang di masa yang akan datang. Dengan CRM sebuah perusahaan membuktikan eksistensinya sebagai service provider yang peduli terhadap customer dan selalu update terhadap perkembangan zaman.

Marilah kita terus meningkatkan hubungan dengan customer dengan implementasi CRM di lingkungan kerja yang pada akhirnya akan membawa peningkatan bisnis yang berkesinambungan.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

7 Agustus 2020

Cakrajono Lawoto – Director of Learning & Development @Sarel Sentra Inspira





“What are the next steps?”

Link to our Services https://www.sarel.co.id/our-services.html

Link to our Public Seminars https://www.sarel.co.id/public-seminars.html

or Contact us:

sarel@sarel.co.id | Phone (021) 4517458 / 458509571; HP 0878-7722-4521 | website: www.sarel.co.id

© 2021 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Made with Mobirise website creator