Renungan Awal Tahun: Pelajaran Kepemimpinan Dari Debat Capres 2019

RENUNGAN AWAL TAHUN:
Pelajaran Kepemimpinan Dari Debat Capres 2019

Pemilihan presiden dan wakil presiden akan digelar pada tahun 2019 ini, tepatnya pada tanggal 17 April 2019. Kedua pasangan kandidat telah ditetapkan oleh KPU untuk berpartisipasi pada ajang Pilpres kali ini, yakni pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Debat pertama antar kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden dilaksanakan pada Kamis, 17 Januari 2019 pada pukul 19.00 sampai selesai bertempat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan mengusung tema: Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.

Saya sendiri menyimak sebagian acara debat pilpres tersebut dalam perjalanan pulang dari kantor menuju rumah melalui siaran langsung radio. Dan setelah melihat fenomena berbagai pendapat yang saya baca atau dengar melalui berbagai media tentang pelaksanan, pembahasan dan pembawaaan dari para kandidat, termasuk moderator yang memimpin jalannya acara, saya teringat dengan leadership lesson yang muncul di dalam benak saya.

Saya mengajak kita semua untuk merenungkan hai ini: bagaimana jika kita analogikan pasangan calon presiden dan wakil presiden adalah pemimpin sebuah perusahaan atau organisasi. Pelajaran apakah yang bisa kita petik?  

Berikut Leadership Lesson yang dapat diambil dari acara debat pilpres tahun 2019:

  1. Sebagaimana kedua kandidat pasangan presiden dan calon presiden yang menjadi pusat perhatian dan tontonan umum, konsekuensi menjadi seorang pemimpin adalah kita akan menjadi pusat perhatian di dalam perusahaan atau organisasi kita. Entah kita menyadari atau tidak, seluruh pengikut di bawah kita akan memperhatikan kita. Mereka akan memperhatikan perilaku kita, kata-kata kita, konsistensi kita, dan sayangnya, mereka juga memperhatikan kelemahan-kelemahan kita.

    Apakah kita sebagai pemimpin kita telah menyadari dan menunjukkan perilaku yang meningkatkan kepemimpinan kita?

  2. Sebagaimana kedua kandidat pasangan presiden dan calon presiden yang dituntut untuk melakukan persiapan dan menyampaikan ide-ide cemerlang bagi kemajuan bangsa, demikian juga dengan kita sebagai pemimpin, kita dituntut melakukan persiapan dengan membuat rencana-rencana strategis yang cemerlang bagi kelangsungan bisnis perusahaan kita di masa yang akan datang.

    Apakah kita sudah memiliki rencana strategis bagi perusahaan atau organisasi yang kita pimpin?

  3. Sebagaimana kedua kandidat pasangan presiden dan calon presiden yang dituntut untuk dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan efektif dan memuaskan, demikian juga dengan kita sebagai pemimpin, kita dituntut untuk siap menghadapi tantangan-tantangan yang ada, yang dapat muncul setiap waktu baik terduga maupun tidak terduga. Kita dituntut untuk siap dalam segala keadaan.

    Apakah kita sudah siap menghadapi segala situasi dan tantangan?

  4. Sebagaimana kedua kandidat pasangan presiden dan calon presiden yang diminta untuk bersaing secara sehat satu dengan yang lain dan tidak saling menyerang melainkan mengeluarkan ide-ide cemerlang bagi kemajuan bangsa, demikian juga kita sebagai pemimpin, kita diminta untuk fokus menunjukkan hasil yang terbaik, tanpa bermaksud menjatuhkan pesaing-pesaing kita. Kita wajib mengeluarkan seluruh potensi terbaik tim kita untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi kita. Camkanlah, berapa banyak energi yang terbuang percuma untuk menjatuhkan pesaing dibandingkan untuk mengeluarkan potensi terbaik tim kita?

    Apakah kita sudah fokus untuk mengeluarkan hasil terbaik dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi yang kita pimpin?

Tentunya banyak Leadership Lesson yang kita dapatkan dari Debat Pilpres 2019 ini, silakan Anda tambahkan sendiri. Namun yang perlu diingat bahwa ternyata banyak Leadership Lesson yang dapat kita petik dari kejadian-kejadian di sekitar kita sehari-hari.

Marilah kita menjalani tahun baru 2019 ini dengan semangat yang baru untuk menjadi pemimpin yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat!  

Sukses selalu buat Anda dan tim!

21 Januari 2019

Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id


Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

©2023 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved