Meresponi Revolusi Industri 4.0

MERESPONI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Beberapa waktu belakangan ini, istilah “Industri 4.0” menjadi topik pembicaraan di kalangan masyarakat, terlebih setelah Presiden Jokowi meluncurkan roadmap “Making Indonesia 4.0” pada 4 April 2018.

Seperti yang kita ketahui bahwa bidang industri mengalami beberapa era revolusi, yaitu:

  • Era Revolusi Industri Pertama (1750 – 1830), dengan ditemukannya mesin uap dan kereta api untuk melaksanakan mekanisme sistem produksi.
  • Era Revolusi Industri Kedua (1870 – 1900), dengan ditemukannya listrik, alat komunikasi, minyak dan bahan kimia untuk konsep produksi massal.
  • Era Revolusi Industri Ketiga (1960 – sekarang), dengan ditemukannya komputer, internet dan telepon selular untuk otomasi proses produksi dan aktivitas industri.

Saat ini kita menjelang Era Revolusi Industri Keempat, yang menjadi tren saat ini dengan sebutan “Revolusi Industri 4.0”.

Istilah “Industri 4.0” berasal dari proyek teknologi canggih pemerintahan Jerman, yang mulai digagas pada tahun 2011 dan dipaparkan pada tahun 2014, kemudian menjadi tema utama pada pertemuan World Economic Forum (WEF) 2016 di Davos, Swiss.

Beberapa negara yang telah memiliki program-program untuk mendukung industrinya menuju Industri 4.0 adalah Jerman, Inggris, Amerika Serikat, China, India, Jepang, Korea, dan Vietnam.

Industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, Internet of Things (IoT), Internet of People (IoP), Cloud, dan komputasi kognitif.

Pada intinya, Revolusi Industri 4.0 adalah integrasi antara dunia internet (online) dengan dunia usaha atau produksi di sebuah industri, sehingga semua proses produksi ditopang dengan internet dan dapat berjalan dengan otomatis.

Dengan adanya Industri 4.0, maka produktivitas akan meningkat secara signifikan, sehingga banyak negara mempersiapkan dirinya dan membuat program khusus untuk menyambut era industri yang baru ini. 

Bagaimana respon kita sebagai sebuah organisasi yang ingin terus berkembang dan tidak ingin ketinggalan pada Era Industri 4.0 ini? Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan bagi setiap organisasi:

  1. Melakukan update informasi mengenai perkembangan teknologi dan hal-hal yang terkait Revolusi Industri 4.0, seperti: Internet of Things (IoT), Internet of People (IoP), Artificial Intellegence (AI) dan lain-lain, sehingga kita dapat menangkap tred yang akan terjadi, minimal sampai 2-3 tahun ke depan.
  2. Merumuskan sasaran atau tujuan yang akan dicapai organisasi untuk meningkatkan kinerjanya (khususnya yang terkait teknologi) untuk jangka waktu 2-3 tahun ke depan, sehingga kita mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi organisasi di masa yang akan datang, dan tentunya sasaran yang dirumuskan harus in-line dengan Visi, Misi dan Values organisasi yang telah ditetapkan.
  3. Melakukan penilaian atas infrastruktur dan kinerja internal yang ada di organisasi saat ini, seperti teknologi yang digunakan, kendala-kendala yang dihadapi, dan pencapaian kinerja selama ini, sehingga kita dapat mendefinisikan fakta-fakta yang ada terkait internal organisasi.
  4. Melakukan analisa kesenjangan antara kondisi saat ini dengan sasaran yang akan dicapai, sehingga kita mendapatkan gambaran tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk kemajuan ke depan.
  5. Membuat Rencana Tindakan (Action Plan) berupa hal-hal apa saja yang diperlukan untuk merealisasikan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.
  6. Mempersiapkan sumber-sumber daya dan dukungan lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan Rencana Tindakan yang telah dirumuskan.

Kami mendorong setiap organisasi untuk menyadari dan mempersiapkan diri menyambut Era Industri 4.0, sehingga organisasi dapat tetap terjaga, bahkan memasuki level kesuksesan yang jauh lebih baik lagi.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

5 Maret 2019

Lina S. Waplau - Director of Sarel Sentra Inspira
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id


Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

©2023 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved