Stress

STRESS

Sebagai makhluk hidup yang masih mengembara di belantara dunia, kita pasti selalu berinteraksi dengan alam sekitar termasuk tentunya dengan sesama manusia baik di dalam tatanan kemasyarakatan maupun secara khusus dengan dunia pekerjaan kita sehari-hari. Dan sebagai manusia tentunya kita juga memiliki keinginan atau tujuan hidup (termasuk tujuan dalam bekerja). Banyak tantangan dalam kehidupan sehari-hari kita dalam berinteraksi maupun dalam menyikapi tujuan dibandingkan dengan kondisi atau posisi saat ini.

Tidak jarang kita mengalami kelelahan fisik maupun mental sebagai akibat menyikapi tekanan-tekanan yang ada, dan mengakibatkan kita menjadi tertekan (stress). Membahas tentang stress, bisa dengan melihat adanya suatu kondisi tekanan untuk mencapai hasil tertentu yang melebihi sumberdaya kita (tekanan lebih besar daripada kemampuan).

Namun, apakah stress itu selalu berdampak negatif bagi kita? Tentunya tergantung bagaimana kita menanggapinya. Tekanan yang terjadi, dianggap sebagai ancaman ataukah tantangan untuk ditaklukkan sebagai wujud usaha kita meraih tujuan atau menciptakan suatu kondisi yang kita inginkan? Seringkali tekanan-tekanan yang besar kita perlukan untuk memantik usaha kita lebih besar lagi dan untuk membuktikan bahwa kita mampu menjawab tekanan-tekanan tersebut, kita mampu membuahkan suatu kinerja yang lebih tinggi serta kita selalu mengembangkan kemampuan. Kondisi ini sering kita sebut dengan eustress (stress yang positif), ini kebalikan dari distress. Distress mengakibatkan hal-hal yang negatif bagi kita tanpa kita mau/mampu mengatasinya.

Dilihat dari sumber penyebab stress (stressor), bisa berasal dari:

  1. Eksternal
    Contohnya: lingkungan fisik, interaksi sosial, organisasi, kejadian-kejadian penting, kegiatan sehari-hari, dan sebagainya.
  2. Internal
    Contohnya: gaya hidup, gaya kepribadian, sikap negatif, jebakan-jebakan pikiran, dan sebagainya.

Kita perlu menanggapi stressor dengan bijaksana sehingga mampu untuk mengelola stress yang terjadi dengan baik dan tidak merugikan diri sendiri maupun sekitar (keluarga, organisasi, dan sebagainya). Ketepatan dalam menanggapi ini akan menjadikan kita lebih berkembang kemampuannya dan tentunya akan menghasilkan sesuatu yang positif.

Dengan demikian stress belum tentu mengakibatkan hal-hal yang negatif, tergantung bagaimana kita menyikapinya. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

19 Februari 2021
Teguh B. Supahwan

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Website Maker