Pentingnya Onboarding Program

PENTINGNYA ONBOARDING PROGRAM

Sebuah organisasi melakukan kegiatan operasional yang penuh dinamika untuk mempertahankan dan meningkatkan eksistensinya. Perubahan dan penyesuaian akan terus terjadi untuk menjawab tantangan yang dihadapi.

Demikian pula pada bidang pengembangan sumber daya manusia (HRD/HCD – Human Resources Development/ Human Capital Development), di mana akan terjadi pertukaran (turn-over) karyawan, akan ada karyawan yang meninggalkan organisasi dan karyawan yang baru bergabung ke dalam organisasi.

Selain proses rekrutmen dan proses seleksi karyawan, terdapat satu lagi proses yang masih menjadi bagian dari proses seleksi karyawan yang tidak boleh diabaikan dalam organisasi, yaitu Onboarding Program.

Onboarding Program secara sederhana dapat diartikan sebagai proses penyesuaian karyawan baru dengan lingkungan kerja yang baru. Sebagai karyawan yang baru bergabung, tentunya membutuhkan penyesuaian terkait hal-hal yang bersifat teknis dan non-teknis.

“Pada awalnya saya sangat bersemangat bekerja di sini, namun setelah melewati satu bulan bekerja, saya merasa tidak diterima dengan baik di sini. Semua tampaknya tidak peduli dan sibuk dengan urusannya masing-masing…”

Pernahkan Anda memiliki pengalaman seperti kalimat di atas, ketika ada karyawan yang baru bergabung dengan semangat yang tinggi, namun dalam beberapa waktu kemudian antusiasme mulai menurun secara drastis. Salah satu faktor penyebabnya kemungkinan karena Onboarding Program yang tidak direncanakan dengan baik, sehingga karyawan tersebut pada akhirnya tidak merasa betah untuk bekerja. 

Pada umumnya Onboarding Program dapat dibagi menjadi beberapa tahap:

  1. PRE-ONBOARDING
    Organisasi mempersiapkan hal-hal terkait infrastruktur sebelum karyawan mulai bekerja, seperti ruang kerja, kelengkapan dan peralatan kerja, email, aplikasi, seragam kerja, dan lain sebagainya.
  2. HARI PERTAMA
    Organisasi memberikan arahan dan pendampingan mengenai penggunaan peralatan dan kelengkapan kerja seperti lokasi ruang kerja, company tour, penggunaan tools absensi, proses payroll, benefit kesehatan, ID card, penjelasan job description, Key Performance Indicators (KPI), serah terima tugas, dan lain sebagainya.
  3. MINGGU PERTAMA
    Organisasi memberikan penjelasan dan waktu berdiskusi terkait tugas, tanggung jawab, target dan sasaran kinerja yang diharapkan, serta penjelasan mengenai struktur organisasi berikut pihak-pihak terkait.
  4. BULAN PERTAMA SAMPAI BULAN KETIGA
    Organisasi memberikan pelatihan-pelatihan wajib bagi karyawan baru seperti Induction Training, Kode Etik Perusahaan, Peraturan Perusahaan dan lain-lain.

Dengan adanya Onboarding Program yang direncanakan dengan baik, karyawan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan rekan kerja yang baru dan hal ini akan meningkatkan semangat karyawan baru dalam bekerja.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

5 Februari 2021
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Web Page Designing Software