Pentingnya Seorang Industrial Relation

PENTINGNYA SEORANG INDUSTRIAL RELATION

Membicarakan tentang peranan seseorang yang menangani Industrial Relation (IR), ibaratnya kita sedang berbicara tentang Terusan Suez yang menghubungkan antara Laut Tengah dan Laut Merah. Sehingga memungkinkan moda transportasi laut berlayar dari Benua Asia menuju Benua Eropa tanpa harus mengelilingi Benua Afrika.

Secara struktural, Industrial Relation berada di dalam bagian HRD. Ia berperan dalam mengelola hubungan antar karyawan, karyawan dengan pihak managerial, atau karyawan dengan serikat pekerja. Tidak hanya fokus mengelola hubungan personal, namun juga bagaimana mencari solusi terhadap masalah, seperti negosiasi, persetujuan, konflik, dan semua hal yang terkait dengan peraturan dan undang–undang.  

Setidaknya ada lima peran penting seorang Industrial Relation:

  1. Menambah Iklim yang Nyaman di Perusahaan.
    Seperti yang disebutkan di atas, seorang IR diharapkan dapat menjembatani kepentingan pihak manajemen atau karyawan maupun sesama karyawan. Seorang IR tentu seharusnya mempunyai semacam SOP yang mengatur manakala konflik terjadi. Sehingga, ia tidak akan berat sebelah dalam memberikan solusi dan suasana kerja yang nyaman kembali tercipta.
  2. Mendukung Terciptanya “Demokrasi”.
    Tidak melulu mengenai penyelesaian konflik, seorang Industrial Relation diharapkan dapat mengungkit seluruh potensi karyawan. Sehingga hal tersebut sejalan dengan value dan goal perusahaan. Sebagai imbalannya, ia juga dengan senang hati menyampaikan kabar gembira mengenai progress perusahaan dan betapa berharganya semua jerih payah yang telah dilakukan karyawan terhadap capaian perusahaan.
  3. Sebagai “Malaikat Pelindung” Karyawan.
    Ada kalanya, konflik terjadi di dalam perusahaan. Di sinilah, seorang Industrial Relation akan berperan sebagai pelindung karyawan yang “dilemahkan” hak–haknya. Ia akan berjuang hingga karyawan tersebut mendapat hak yang semestinya. Misalnya, hak untuk dihormati, tidak dilecehkan menurut SARA, hak mendapat kesempatan yang sama, dan masih banyak yang lain bukan malah sebaliknya.
  4. Mengatur Kedisiplinan.
    Meskipun harus berperan sebagai angel, ada kalanya seorang industrial relation harus bertindak tegas. Utamanya, dalam hal menegakkan kedisiplinan terhadap peraturan perusahaan. Ia dituntut untuk bertindak adil terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan. Hal ini penting agar perusahaan tetap berjalan dengan harmoni sesuai value yang ditetapkan.
  5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan.
    Tidak dipungkiri lagi, bahwa Industrial Relation yang baik berperan dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Hal ini berkaitan dengan iklim kerja yang kondusif dan kenyamanan karyawan. Dalam pengalamannya, Eicher Tractors pernah mengalami peningkatan produktivitas perusahaan sebesar 32%–38% selama tahun 1994 – 1997. Dan ia mengatakan bahwa, hal tersebut adalah sumbangsih dari Industrial Relation yang baik.

Sebagai contoh nyata, mari kita kaitkan dengan peristiwa naas sebuah maskapai penerbangan yang mengalami kecelakaan dan tenggelam di dasar laut. Di sini, peran IR akan sangat dibutuhkan oleh keluarga korban dan juga oleh perusahaan. IR akan memastikan bahwa ahli waris korban akan mendapat sejumlah santunan yang ditetapkan oleh BP Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan). Namun sebelumnya, seorang IR harus memastikan bahwa semua kewajiban terkait keikutsertaannya sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mengapa? Karena seandainya ada ketidaksesuaian, tentu hal ini merupakan suatu masalah besar sebab kemungkinan ada hak-hak yang tidak bisa diwujudkan. Jangan sampai ada istilah “sudah jatuh tertimpa tangga pula”, mungkin begitulah gambaran nasib keluarga korban. Seandainya dapat memilih, tentu tidak ada seorangpun yang mau berada di posisi seperti itu.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

12 Februari 2021
Benny Sudjono – Learning Support Supervisor @Sarel Sentra Inspira

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved