Sebuah Renungan Tentang Waktu

SEBUAH RENUNGAN TENTANG WAKTU

“Waktu” selalu menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas, karena setiap insan di muka bumi ini memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam, namun respon terhadap waktu ternyata berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lainnya.

Beberapa orang sibuk melakukan banyak hal setiap harinya, namun di akhir hari mereka duduk terdiam dengan kondisi lelah dan berkata:

  1. “Apa yang saya hasilkan hari ini?”
  2. “Kenapa hari ini saya begitu lelah tetapi saya tidak melihat hasil yang optimal?”
  3. “Kenapa yang saya rencanakan hari ini tidak membuahkan hasil seperti yang saya harapkan?”
  4. “Kalau boleh saya meminta waktu lebih daripada 24 jam, sayangnya setiap orang hanya diberikan waktu 24 jam dalam sehari.”

Apakah ungkapan-ungkapan di atas terdengar familiar buat Anda?

Bagaimana kita menggunakan waktu akan sangat menentukan produktivitas kita, yang pada akhirnya akan menentukan level kesuksesan yang akan kita peroleh.

Salah satu cara untuk menghargai waktu adalah dengan merenungkan fakta-fakta tentang waktu. Dengan memahami fakta-fakta tentang waktu, diharapkan setiap kita sebagai profesional dapat menghargai waktu jauh lebih baik daripada sebelumnya.  

Fakta #1: Waktu akan berjalan terus.

Waktu akan terus berjalan dan tidak memerlukan persetujuan kita. Waktu akan terus berjalan maju apapun kondisi dan situasi yang kita hadapi.

Fakta #2: Waktu yang telah lewat tidak bisa diambil kembali.

Waktu yang telah lewat tidak bisa diambil kembali, hanya ada satu kali kesempatan untuk satu waktu. Sebagai contoh jikalau Anda merayakan ulang tahun yang ke-25 tahun dan pada saat itu Anda sedang meniup lilin tepat pada pukul 10.00, maka kesempatan ini cuma sekali dapat Anda alami. Anda dapat meniup lilin pada kesempatan selanjutnya, tetapi yang pasti tidak akan tepat pada pukul 10.00.

Fakta #3: Waktu tidak dapat disimpan.

Ingatlah selalu bahwa waktu bukan uang yang dapat disimpan atau ditabung. Hanya ada satu kali kesempatan untuk satu waktu.

Fakta #4: Kemampuan seseorang mengelola waktu tidak hanya berdampak kepada pribadi, tetapi juga kepada orang-orang di sekitarnya.

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang manajer, maka cara Anda mengelola waktu akan mempengaruhi kinerja anggota tim Anda, cara Anda mengelola waktu akan mempengaruhi bisnis proses di dalam organisasi Anda. Jika Anda adalah seorang ayah, maka cara Anda mengelola waktu akan mempengaruhi level kebahagiaan istri dan anak-anak Anda. Memang waktu Anda adalah milik Anda tetapi cara Anda mengelola waktu akan berdampak bagi orang-orang di sekitar Anda.

Fakta #5: Beberapa orang dapat mengelola waktu dengan lebih baik dibandingkan lainnya.

Setiap orang mengisi waktunya dengan cara dan pola yang berbeda-beda. Ada yang hanya sibuk beraktivitas, namun ada juga yang sibuk meningkatkan produktivitas.

Sebagai profesional yang terpenting bukanlah “Apakah saya beraktivitas setiap hari?” tetapi yang jauh lebih penting adalah “Apakah saya sudah meningkatkan produktivitas saya?” atau “Apakah aktivitas saya hari ini menjadikan saya seorang profesional yang jauh lebih produktif?”.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

5 Maret 2021
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Free Offline Web Page Builder