Persaingan Dalam Penjualan

PERSAINGAN DALAM PENJUALAN

Kita saat ini berada dalam era yang sangat mudah memperoleh informasi yang diperlukan untuk menunjang usaha. Dunia bahkan seakan berada dalam genggaman kita dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dengan mudahnya kita berselancar dalam dunia maya untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan.

Para calon pembeli juga dengan sangat mudah untuk mencari apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dengan menetapkan kriteria-kriteria tertentu sesuai dengan kehendak mereka, termasuk harus mencari kemana untuk membelinya. Seperti kita ketahui bersama bahwa suatu bidang usaha hampir semua memiliki kompetitor, meskipun masih banyak juga yang merupakan penjual tunggal. Di dalam menyediakan produk atau jasa, antar kompetitor juga banyak yang mirip-mirip, bahkan harganya-pun banyak yang beda tipis.

Disini akan muncul pertanyaan, “Bagaimana para calon pembeli mau membeli (berlangganan) produk (atau jasa) di tempat saya?”

Kita tentunya bisa menjadi pilihan utama bagi calon pembeli jika memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitor. Para konsumen biasanya akan mempertimbangkan (menghitung) masak-masak seberapa besar keuntungan yang mereka dapatkan dengan membeli produk/jasa di tempat kita. Harga merupakan salah satu yang pasti akan menjadi bahan pertimbangan dalam membeli, namun dalam banyak kejadian, harga bukan lagi menjadi pertimbangan utama jikalau konsumen mendapatkan apa yang mereka kehendaki (terpenuhinya kriteria-kriteria yang telah ditetapkan). 

Ada beberapa penentu dalam memilih suatu produk/jasa yang sering menjadi pertimbangan konsumen, antara lain:

  1. Harga
    Jelas ini merupakan hal yang penting karena akan menentukan bagaimana keuangan dikelola dengan sebaik-baiknya.
  2. Kualitas barang/jasa
    Kualitas barang/jasa tentu menjadikan salah satu pertimbangan karena berakibat terhadap nilai guna, keawetan, bahkan terkadang menentukan nilai tersendiri (misalnya rasa gengsi), dan lain-lain.
  3. Kecepatan dan ketepatan dalam memperoleh barang/jasa
    Banyak di antara konsumen yang sangat mementingkan kecepatan dan ketepatan barang/jasa dan bersedia membayar lebih mahal selama terpenuhi keinginan tersebut. Dunia “online” sudah banyak membantu dalam hal memenuhi “kecepatan”.
  4. Pelayanan purna jual dan harga jual kembali
    Setelah melakukan pembelian biasanya untuk produk-produk tertentu memerlukan perawatan (misalnya sepeda motor atau mobil yang perlu perawatan berkala). Demikian juga harga dari produk jikalau nantinya akan dijual kembali, ini menjadi pertimbangan penting bagi konsumen.
  5. Tenaga penjual
    Produk bisa saja sama antar kompetitor namun calon pembeli akan juga mempertimbangkan kenyamanan (dan keamanan) saat proses jual-beli. Sehingga kemampuan para tenaga penjual sangat berpengaruh dalam memenangkan kompetisi mendapatkan “hati” para konsumen. Ini berlaku bukan saja antar perusahaan, namun juga berlaku antar para tenaga penjual itu sendiri, misalnya masih dalam satu perusahaan yang sama.
  6. Dan lain-lain

Dengan demikian, banyak hal yang harus kita perhatikan jika kita ingin memenangkan persaingan dalam berjualan.  

Sukses selalu buat Anda dan tim!

19 Maret 2021
Teguh B. Supahwan

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Made with Mobirise ‌

HTML Page Creator