Berbagi Kepada Komunitas (Bagian 1)

BERBAGI KEPADA KOMUNITAS
(BAGIAN 1)


“THE SECRET OF LIVING IS GIVING” – Anthony Robbins


Dalam menjalani kehidupan ini, manusia memiliki fase-fase di dalam perkembangan kehidupannya. Fase-fase ini menggambarkan tingkat kapasitas dan kontribusi yang dapat diberikan oleh seseorang.

Fase-fase tersebut terdiri dari 3 bagian : 

Fase Pertama – Ketergantungan.

Pada fase ini seseorang sangat tergantung kepada orang lain dan membutuhkan bantuan orang lain. Sebagai contoh seorang bayi yang baru lahir, ia tidak dia tidak dapat berbuat apa-apa, dirinya sangat membutuhkan bantuan orang lain. Contoh lainnya adalah seorang karyawan yang baru masuk bekerja di sebuah organisasi, ia membutuhkan arahan dari atasan atau bimbingan dari rekan kerjanya. Pada fase ini tingkat kapasitas dan kontribusi seseorang sangat rendah.

Fase Kedua – Kemandirian.

Dengan berjalannya waktu melalui proses belajar dan praktek, seseorang mulai memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dan kemampuan ini akan dapat terus ditingkatkan. Sebagai contoh setelah seseorang menjalani proses belajar dan praktek, maka dirinya mulai dapat menguasai bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sehingga dirinya dapat berkontribusi dan bisa diandalkan untuk bidang tersebut. Pada fase ini tingkat kapasitas dan kontribusi seseorang sudah terbangun dengan baik.

Fase Ketiga – Kesalingtergantungan.

Setiap orang wajib menguasai bidang yang menjadi tanggung jawabnya, namun tidak ada seorang pun yang dapat menguasai semuanya. Pada fase ketiga inilah terjadi saling memberi dan menerima. Seseorang dapat berkontribusi pada satu bidang yang menjadi keahliannya, namun pada sisi lainnya, orang tersebut membutuhkan bantuan kontribusi dari orang lain. Di sinilah terletak panggilan tertinggi manusia, yaitu untuk memberi dan menerima, memberikan kontribusi dan menerima bantuan dari orang lain. Pada fase ini tingkat kapasitas dan kontribusi seseorang dapat berada pada level tertinggi.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh melalui berbagi kepada komunitas:

  1. Berbagi akan meningkatkan kesehatan mental.
  2. Berbagi akan meningkatkan kesehatan fisik.
  3. Berbagi akan memperluas jaringan atau network.
  4. Berbagi akan mengembangkan keterampilan baru.
  5. Berbagi akan memperluas perspektif.
  6. Berbagi akan memenuhi hasrat terdalam diri.

Marilah kita sebagai profesional menumbuhkan gaya hidup berbagi kepada rekan kerja atau unit kerja lain atau kita juga dapat berbagi kepada lingkungan di mana perusahaan kita berada.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

13 Agustus 2021
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved