Berbagi Kepada Komunitas (Bagian 2)

BERBAGI KEPADA KOMUNITAS
(BAGIAN 2)

Dalam beberapa dasawarsa belakangan ini, organisasi atau perusahaan disadarkan akan pentingnya berbagi kepada komunitas melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR), melalui kegiatan berbagi kepada komunitas dalam berbagai bidang seperti pendidikan dengan menyediakan sarana pendidikan dan berbagi pengetahuan atau bidang kesehatan dengan menyediakan sarana dan prasarana kesehatan atau informasi terkini terkait kesehatan atau bidang pemberdayaan masyarakat dengan memberi dukungan untuk menambah kemampuan masyarakat dalam berusaha atau wirausaha.

Dengan perkembangan teknologi di bidang media sosial, maka tidak hanya organisasi yang dapat melakukan aktivitas berbagi kepada komunitas, tetapi setiap orang juga dapat melakukan aktivitas berbagi dengan memanfaatkan media sosial yang ada. Terlebih lagi dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang mewajibkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga pekerjaan dilakukan di rumah (WFH).

Saat ini, setiap karyawan dapat berbagi kepada komunitas melalui channel media sosial dan melakukan sharing knowledge dengan video yang di-upload ke Youtube atau sharing video singkat melalui aplikasi Tik Tok atau Instagram atau dengan membuat artikel melalui blog atau website. Hal ini akan membantu orang lain mendapatkan pengetahuan terkini, dan tentunya diperlukan pengembangan content yang menarik. 

Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk mengembangkan kegiatan berbagi kepada komunitas:

  1. Tetapkan tujuan apa yang mau Anda bagikan dan siapa sasaran audience Anda untuk memperjelas content yang akan Anda kembangkan.
  2. Mulailah dari sekarang dan jangan ditunda, untuk membangun momentum.
  3. Mulailah dari hal yang kecil, mulailah dengan hal-hal yang dapat Anda lakukan dengan fasilitas yang Anda kuasai. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan smartphone untuk melakukan editing video.
  4. Pilihlah pesan yang sederhana dan mendorong multiplikasi. Pesan Anda harus cukup sederhana namun cukup menarik, sehingga mendorong penerima pesan untuk membagikannya kepada yang lainnya.
  5. Temukan hal yang sesuai dengan bidang atau minat Anda. Temukan hal-hal yang sesuai dengan hasrat (passion) Anda, sehingga Anda memiliki energi untuk berbagi dengan totalitas.

Marilah kita mulai berbagi kepada komunitas yang ada di sekitar kita, dimulai dari keluarga terdekat atau orang-orang di mana kita memiliki data kontaknya.

Bagikan sesuatu yang bermanfaat sehingga kita berkontribusi dalam membangun sesama dan lingkungan di sekitar kita.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

2 September 2021
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved