Bijaksana dalam Mengambil Keputusan

BIJAKSANA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN

Secara sadar atau tidak sadar, setiap hari kita mengambil keputusan-keputusan di dalam kehidupan ini, baik untuk hal-hal sederhana, terlebih lagi untuk hal-hal yang kompleks dan penting.

Sebagai contoh setiap hari kita memutuskan: pakaian yang akan digunakan, menu makan hari ini, jadwal mana yang harus dikerjakan terlebih dulu, rute jalan ke tempat kerja, dan lain sebagainya.

Beberapa dari keputusan tersebut diambil secara alami dan tanpa melalui proses berpikir yang matang. Memang tidak semua keputusan memerlukan proses pemikiran yang rumit, namun penting sekali untuk secara sadar kita mempertimbangkan setiap keputusan yang akan kita ambil.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi bahan perenungan dan pertimbangan dalam mengambil keputusan. 

Pertama, keputusan adalah proses akhir dari sebuah pemikiran untuk menentukan pilihan dari beberapa alternatif dalam meresponi stimulus yang ada. Hal ini berarti setiap keputusan pasti merupakan sebuah hasil pemikiran, tinggal bagaimana proses berpikir tersebut dapat dilakukan secara efektif untuk membuahkan keputusan yang optimal.

Kedua, keputusan selalu memiliki akibat, baik berupa manfaat maupun konsekuensi. Dengan mempertimbangkan manfaat dan konsekuensi dari keputusan yang diambil, diharapkan kita dapat menjadi pribadi yang bijaksana.

Ketiga, kita bertanggung jawab atas setiap keputusan yang telah dibuat, oleh sebab itu setelah sebuah keputusan ditetapkan, selanjutnya ambilah tanggung jawab dengan kesediaan menanggung risiko dari setiap akibat yang ditimbulkannya.  

Salah satu kualitas kepemimpinan yang utama adalah kemampuan mengambil keputusan secara tegas dan bijaksana.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

20 Mei 2022
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development @Sarel Sentra Inspira


Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

©2023 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved