Kepemimpinan yang Memberdayakan

KEPEMIMPINAN YANG MEMBERDAYAKAN

Setiap pemimpin dituntut untuk mampu mengembangkan anggota tim yang dipercayakan kepadanya, agar setiap insan di dalam organisasi dapat mencapai potensinya dan tujuan dari organisasi dapat dicapai secara optimal.

Melalui pemberdayaan yang memadai, pemimpin dapat mengembangkan anggota tim untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara tuntas, yang pada akhirnya membawa kepada kebermanfaatan bagi semua pihak.

Sedikitnya ada 3 hal yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin untuk memberdayakan anggota timnya.
  

Pertama, Kemampuan untuk membangun kesadaran

Seorang pemimpin perlu membangun kesadaran dari anggota timnya, terkait kinerja yang telah dicapainya, area pengembangan yang diperlukan, pembelajaran yang didapat dari sebuah proyek atau penugasan, peluang-peluang yang ada, dan lain sebagainya.

Kemampuan membangun kesadaran ini akan membangkitkan inisiatif-inisiatif perbaikan dan menjadi dasar dari hal-hal lainnya untuk memberdayakan anggota tim, karena tanpa kesadaran tidak akan ada niat untuk perbaikan.

Kedua, Kemampuan untuk mendorong diri

Seorang pemimpin perlu mengarahkan anggota timnya agar mampu mendorong diri mereka sendiri dalam mengubah inisiatif-inisiatif yang ada menjadi tindakan-tindakan nyata.

Melalui diskusi bersama untuk merencanakan hal-hal apa saja yang perlu dikerjakan dan menentukan sasaran kualitas, kuantitas, waktu, biaya dan dukungan-dukungan apa saja yang diperlukan, diharapkan dapat membantu anggota tim untuk melakukan eksekusi secara efektif.

Ketiga, Kemampuan menyelesaikan apa yang telah dimulai

Seorang pemimpin perlu memantau dan mengingatkan anggota tim untuk menyelesaikan apa yang telah dimulai dan melakukan perbaikan berkelanjutan ke depannya.

Melalui proses monitoring secara periodik yang disertai dengan umpan balik dan komitmen tindak lanjut yang jelas, diharapkan anggota tim dapat menyelesaikan inisiatif-inisiatif yang telah dimulai. 

Dengan ketiga hal tersebut, marilah kita terus mengembangkan kepemimpinan yang memberdayakan untuk mengembangkan organisasi menghadapi tantangan di masa depan.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

30 Mei 2022
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development @Sarel Sentra Inspira


Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

©2023 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved