Kecerdasan emosional (EI) atau biasa dikenal kualitas emosional (EQ) adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan secara efektif mengekspresikan emosi diri sendiri serta memengaruhi emosi orang lain. Dengan mengembangkan kemampuan menangani konflik, seseorang dapat mengambil langkah proaktif dalam mencegah dan menyelesaikan perselisihan, mengurangi tingkat stres di tempat kerja, dan menjaga hubungan kerja yang positif.
EQ sangat penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Ini membantu individu menghadapi kompleksitas sosial, mengelola stres, membuat keputusan yang terinformasi, dan mencapai kesuksesan pribadi maupun profesional. Berbeda dengan IQ yang relatif stabil dari waktu ke waktu, EQ dapat dikembangkan dan ditingkatkan dengan latihan dan kesadaran diri.
Definisi emosi adalah keadaan perasaan yang muncul sebagai respons terhadap stimulus tertentu. Emosi melibatkan reaksi psikologis dan fisiologis yang kompleks, seperti perasaan senang, sedih, marah, takut, cemas, atau gembira. Emosi dapat mempengaruhi pikiran, perilaku, dan interaksi sosial seseorang.
Setiap individu memiliki rentang emosi yang berbeda-beda dan cara yang unik dalam mengungkapkan dan mengelola emosinya. Emosi tidak hanya terbatas pada marah saja, tetapi takut, senang, kecewa juga merupakan bagian dari emosi. Beberapa ciri jika seseorang dalam keadaan emosi adalah jantung berdebar, gugup, napas tersengal dan lain-lain.
Teknik 3B dilakukan secara berurutan sehingga membantu seseorang dalam mengambil keputusan atau tindakan. Dengan terus berlatih menggunakan teknik tersebut adalah cara terbaik dalam mengendalikan emosi seseorang.
Sukses selalu buat Anda dan tim!
28 Juni 2024
Cahyo Eddy Wijoyo – Principal Consultant @Sarel Sentra Inspira