Employee Engagement

EMPLOYEE ENGAGEMENT

Employee Engagement adalah kondisi di mana karyawan merasa terhubung secara emosional dengan organisasi, dan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, berpartisipasi aktif dalam pekerjaan, serta merasa diperhatikan dan dihargai. Hal ini bukan hanya tentang tingkat kepuasan karyawan, tetapi tentang keterlibatan yang mendalam dalam tugas dan tujuan organisasi.

Menciptakan Employee Engagement adalah salah satu hal yang sangat penting dan sangat mempengaruhi kesuksesan organisasi. 

Berikut beberapa alasan pentingnya Employee Engagement dalam sebuah organisasi:

  • Produktivitas yang Lebih Tinggi
    Karyawan lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas dengan baik karena merasa memiliki peran yang penting dalam kesuksesan organisasi.
  • Retensi Karyawan yang Lebih Baik
    Karyawan memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dan cenderung tetap setia pada organisasi, sehingga mengurangi turnover dan biaya penggantian karyawan.
  • Inovasi
    Karyawan merasa nyaman berbicara, berbagi ide/ gagasan, dan berkontribusi pada inovasi dalam organisasi.
  • Kualitas Layanan yang Lebih Baik
    Karyawan merasa tanggung jawab terhadap reputasi organisasi, sehingga cenderung memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan dan meningkatkan Employee Engagement pada sebuah organisasi:

  • Komunikasi yang Terbuka:
    Memiliki komunikasi terbuka antara manajemen dan karyawan yang membuat karyawan merasa bahwa ide maupun masukan mereka dihargai dan diperhatikan.
  • Pengembangan Karyawan:
    Memberikan peluang untuk pengembangan karyawan, pelatihan, dan pertumbuhan karir dapat meningkatkan rasa keterlibatan, dan membuat karyawan merasa bertumbuh dalam organisasi.
  • Pengakuan dan Penghargaan:
    Memberikan pengakuan atas prestasi karyawan baik berupa penghargaan formal maupun sekadar pujian yang tulus.
  • Harmonisasi antara pekerjaan dan kehidupan (work-life harmony):
    Menyediakan dan mendorong harmonisasi yang baik antara pekerjaan dan aspek kehidupan lainnya sehingga karyawan merasa dihargai sebagai manusia seutuhnya.
  • Keterlibatan dalam Pengambilan Keputusan:
    Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka dapat meningkatkan rasa kepemilikan dan keterlibatan

Dengan melakukan cara-cara di atas, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan karyawan merasa berharga dan terlibat, serta akan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang individu dan organisasi.

Marilah kita terus meningkatkan Employee Engagement untuk mewujudkan visi misi dan kesuksesan organisasi.

Sukses selalu buat Anda dan tim! 

31 Oktober 2025

Yoshino Milyard – Head of HR Consulting Service @Sarel Sentra Inspira


Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

©2025 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved