Working Remote

REMOTE WORKING

WORK FROM HOME…

“Saya ingin bekerja dari rumah, boleh gak?” celetuk seorang karyawati sebuah perusahaan. Dan temannya langsung menyahut, “Saya juga mau nih.”

Sudah bukan hal yang baru lagi untuk melaksanakan tugas-tugas (pekerjaan) kantor dengan cara dilaksanakan di rumah masing-masing, namun demikian untuk jenis pekerjaan tertentu tetap harus dilakukan di kantor atau tempat kerja. Pekerjaan yang tidak memungkinkan dilaksanakan di rumah, misalnya seorang dokter yang melayani bedah pasien di rumah sakit, hal ini terkait dengan ruang bedah beserta peralatannya berada di rumah sakit dan juga yang terlibat bukan hanya 1 orang dokter saja, namun ada juga para medis lainnya. Sedangkan untuk jenis pekerjaan misalnya akuntansi, pembukuan, atau penyusunan sebuah modul pelatihan, ini bisa dilakukan di rumah. Bahkan rapat koordinasi atau juga sebuah sesi pelatihan pun, sangat dimungkinkan melalui jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada, misalnya video conference, atau menggunakan berbagai macam aplikasi smartphone/laptop/PC yang tersedia.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bekerja dari rumah (Work from Home), antara lain:

  • Bagi Perusahaan: efisiensi biaya operasional seperti listrik, air, sewa atau pemeliharaan ruang kerja, dsb.
  • Bagi Pekerja: efisiensi biaya transportasi, terhindar stress di kemacetan perjalanan, lebih fokus bekerja, hasil lebih maksimal, lebih banyak waktu untuk keluarga, efisiensi untuk biaya penampilan, dsb.
  • Keuntungan lainnya: lingkungan lebih bersih dari polusi kendaraan bermotor karena tingkat penggunaan bahan bakar kendaraan lebih rendah, pencegahan penyakit menular jika ada, dsb.

Namun demikian terdapat banyak tantangan yang harus disikapi secara benar, misalnya kerjasama tim yang harus selalu dijaga meski tidak bertemu langsung, kedisiplinan pekerja yang dituntut penuh tanggung jawab melaksanakan semua pekerjaannya meski tanpa pengawasan secara langsung. Saatnya jam kerja tetap bekerja meski di rumah, bukannya malah tidur atau jalan-jalan ke tempat perbelanjaan dan lain sebagainya. Ketika ada yang mengirimkan surel (surat elektronik/ email) langsung dibalas, ketika dihubungi melalui telepon langsung dijawab, dihubungi melalui media sosial seperti WhatsApp juga langsung ditanggapi.

Dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan, kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain, jangan sampai bekerja dari rumah justru menjadikan kita menambah tingkat kepenatan dan kesesakan karena kurang bersosialisasi.

Mari kita budayakan untuk mampu bekerja bukan hanya ketika di kantor saja, namun dimanapun kita berada guna mewujudkan kinerja yang terbaik! Jarak dan tempat bukan merupakan suatu halangan. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

18 Maret 2020
Teguh B. Supahwan - Principal Consultant 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Free Web Site Maker