Pandemi yang Menghasilkan Transformasi

MENGUKUR KINERJA PENJUALAN

Tahun 2020 diawali dengan suatu tantangan yang besar, yaitu adanya wabah penyakit yang disebabkan virus yang bernama Corona, juga disebut dengan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, virus ini muncul pertama kali pada tahun 2019.

Dengan cepat Covid-19 yang semula merupakan Epidemi (penyebaran penyakit dalam jumlah banyak yang menyerang secara cepat) berubah menjadi Endemi (penyakit yang menjangkit orang dalam jumlah besar yang terjadi di suatu wilayah atau populasi) dan Pandemi (epidemi yang tersebar di banyak tempat). Hampir di semua negara di seluruh dunia terkena wabah Covid-19 ini.

Dampak dari Covid-19 mempengaruhi seluruh tatanan dan perilaku hidup bermasyarakat. Istilah-istilah yang muncul dan sering disebut di antaranya adalah Social Distancing (menjaga jarak dan menghindari pertemuan massal); Work from Home (bekerja di rumah); Karantina (membatasi pergerakan orang sakit yang diduga memiliki penyakit menular, untuk melihat apakah benar-benar terinfeksi); Isolasi (memisahkan orang sakit yang mempunyai penyakit menular dari orang sehat untuk menghidari penularan penyakit); Lockdown (situasi darurat di mana semua orang dilarang meninggalkan gedung atau area) dan beberapa istilah lainnya. Semua ini berakibat pada perlambatan perekonomian dan tentunya menghambat kegiatan usaha pada umumnya. Ditambah dengan efek-efek psikologis di mana sebagian orang mengalami PHK, dirumahkan dan beberapa harus melepas kepergian orang-orang yang dicintai karena terkena wabah ini.

Bagaimana meresponi krisis dan masalah ini secara positif dan produktif?

Kami ingin berbagi tentang 3 hal yang dapat kita lakukan di tengah-tengah tekanan krisis dan masalah yang terjadi saat-saat ini.

  1. KUASAI Diri dan jadilah tenang.

    Kuasai diri kita dari godaan untuk sedih, gundah gulana dan mengasihani diri, apa pun masalah yang kita hadapi. Mengeluh hanya akan menghabiskan energi positif dan tidak membuat keadaan menjadi lebih baik. Tenangkan diri kita agar dapat berpikir dengan nalar yang jernih. Sadarilah badai pasti berlalu, dan habis gelap terbitlah terang. Banyaklah berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta.

  2. GERAKKAN Diri dan capai sasaran yang telah ditetapkan.

    Setelah kita dapat menguasai diri, menjadi tenang, selanjutnya buatlah sasaran-sasaran yang realistik sesuai dengan keadaan yang terjadi saat ini.

    Bagi yang bekerja di rumah (Work from Home), buatlah sasaran pekerjaan pribadi dan tim yang realistik dan mungkin dicapai melalui kerja secara remote. Ubahlah meeting dengan klien menjadi virtual meeting, tetap lakukan pekerjaan semaksimal mungkin. Gunakan kesempatan Work from Home juga sebagai kesempatan untuk bekerja bersama keluarga. Kapan lagi bisa bekerja dengan didampingi pasangan dan anak-anak, nikmati suasana kebersamaan ini.

    Bagi yang terpapar virus dan dalam isolasi namun masih dalam kondisi baik dan dapat berkegiatan, buatlah sasaran-sasaran pribadi seperti lebih banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan atau membaca buku-buku yang menambah wawasan sambil terus menjalani proses pengobatan.

    Matahari masih terbit di pagi hari, bulan dan bintang tetap bersinar di malam hari, jangan berdiam diri dalam keputus-asaan, gerakkan diri kita untuk sesuatu yang bernilai.

  3. PERSIAPKAN Diri menjadi seperti apa kita ketika tiba waktunya krisis dan masalah ini telah berlalu.

    Ketika krisis dan masalah ini terjadi, salah satu mentor saya yang juga seorang profesional mengucapkan sebuah pertanyaan yang patut kita renungkan bersama: “Jika semua krisis dan masalah ini berlalu, akankah kita berubah? Akankah kita berubah menjadi pribadi yang lebih baik?” Dengan kata lain perubahan apa yang terjadi pada kita ketika krisis dan masalah ini dapat kita lalui?

Persiapkan diri kita dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan renungan ini:

“Jika krisis dan masalah ini berlalu, perubahan apa yang terjadi pada saya di bidang:

  • Spiritual/ Kerohanian…”
  • Keluarga…”
  • Pekerjaan…”
  • Pelayanan…”
  • Sosial/ hubungan dengan orang lain…”
  • Kesehatan…”
  • Keuangan…”
  • Mental/ Intelektual…”

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas diharapkan kita mendapatkan gambaran untuk mempersiapkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik setelah melewati krisis dan masalah yang terjadi saat-saat ini.

Marilah kita menguasai, menggerakkan dan mempersiapkan diri kita menyambut perubahan positif melalui apa yang terjadi, biarlah Pandemi ini menghasilkan Transformasi.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

3 April 2020
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Made with Mobirise ‌

Offline Web Software