Kualitas Utama Kepemimpinan

KUALITAS UTAMA KEPEMIMPINAN 

Pada tanggal 20 Oktober 2019 yang lalu, dilangsungkan acara pelantikan masa jabatan kedua Bapak Joko Widodo sebagai presiden dan masa jabatan pertama Bapak Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden Republik Indonesia. Hal ini mengingatkan tentang perjalanan sebuah kepemimpinan baik di dalam lingkup negara, organisasi dan keluarga. Kepemimpinan membawa dampak signifikan, kepemimpinan membuat sebuah perbedaan dan kepemimpinan menentukan pencapaian serta kejayaan sebuah organisasi.

Pada kesempatan ini, kami ingin membahas tentang kualitas utama kepemimpinan – Apa yang membuat seorang pemimpin dapat memberikan dampak positif dan hasil yang efektif bagi organisasi, orang-orang yang dipimpinya dan pihak-pihak terkait lainnya? 

Minimal ada 4 kualitas utama kepemimpinan yang perlu dikembangkan oleh seorang pemimpin yang efektif, yaitu:

  1. KARAKTER
    Karakter berbicara tentang perilaku dari seorang pemimpin. Karakter menyangkut kesesuaian antara perkataan dan tindakan. Karakter membangun kredibilitas dan menjadikan seorang pemimpin layak dipercaya, sedangkan kepercayaan adalah dasar dari sebuah hubungan yang harmonis. Karakter meliputi perkataan, perbuatan, kemampuan merealisasikan apa yang diucapkan atau kemampuan memenuhi janji yang telah dibuat. Dengan menunjukkan karakter yang positif, seorang pemimpin memberikan keteladanan dan sekaligus mendapatkan hak moral untuk memimpin dan mengarahkan serta menggerakkan tim yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan.
  2. KOMPETENSI
    Kompetensi berbicara tentang kemampuan dari seorang pemimpin di bidang yang sedang dijalani. Kompetensi memperkuat kredibilitas dan kepercayaan seorang pemimpin. Dengan menunjukkan kompetensi yang unggul, seorang pemimpin menjadi dapat diandalkan dan memberikan rasa aman bagi tim yang dipimpinnya, karena sang pemimpin dapat memberikan solusi dan jalan keluar yang efektif bagi setiap permasalahan yang dihadapi.
  3. KREATIVITAS
    Kreativitas berbicara tentang kemampuan dari seorang pemimpin dalam menggali dan menemukan ide-ide baru yang menjadikan organisasi mampu berinovasi secara maksimal. Kreativitas mengatasi kejenuhan dan membangkitkan harapan bagi organisasi karena memberikan “pesan” dan “kesan” bahwa organisasi tidak stagnan dan terus bergerak secara dinamis. Dengan menunjukkan kreativitas, seorang pemimpin dapat memberikan nilai tambah bagi keunggulan persaingan dan positive employee branding yang menjadikan organisasi semakin dicintai karyawan dan diminati oleh pencari kerja.
  4. KONEKSI
    Koneksi berbicara tentang kemampuan dari seorang pemimpin dalam membangun hubungan dengan rekan kerja, anggota tim, atasan dan mitra bisnis di luar organisasi seperti customer, supplier dan pihak eksternal lainnya. Koneksi membuat sang pemimpin “dihargai” dan “dihormatii” oleh setiap pihak yang berhubungan dengan dirinya, hal ini menjadi dasar bagi sang pemimpin untuk mengembangkan pengaruh positif.

Kepemimpinan adalah sebuah proses dan perlu dikembangkan setiap waktu. Kami mendorong setiap pemimpin untuk menyadari dan terus mengembangkan diri dalam kualitas utama kepemimpinan ini, sehingga pengaruh dan efektivitas kepemimpinan dapat menggerakkan organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

24 April 2020
Lina S. Waplau - Director of Sarel Sentra Inspira
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Free HTML5 Builder