Leadership Agility

LEADERSHIP AGILITY

Sering kita mendengar istilah “leadership agility”, “agile leadership”, kepemimpinan yang lincah.

Leadership agility diperlukan oleh pemimpin dalam melaksanakan fungsinya secara efektif untuk menghadapi situasi dunia yang sangat cepat perubahannya. Kelincahan dan kegesitan dalam mengambil keputusan serta mengeksekusinya akan menentukan keberhasilan membawa organisasi ke arah yang dikehendaki.

Selain kecepatan dalam beradaptasi menanggapi perubahan yang terjadi sangat cepat, faktor kreatif dan inovatif juga diperlukan dalam leadership agility. Faktor kepemimpinannya berkembang selain menerapkan adaptasi yang cepat, juga perlu melakukan kolaborasi, dan bersifat fleksibel secara berkelanjutan.

Sebagai contoh, saat ini dunia dalam suasana keprihatinan pandemi Covid-19, di dalam perannya sebagai pemimpin, harus bisa mengambil sikap dengan segera untuk menanggapi pandemi ini terkait dengan misalnya cara kerja, yang dulunya di kantor pukul 08.00 – 17.00 berubah menjadi kerja dari rumah (WFH/ Work from Home). Bagaimana strategi menerapkan WFH ini dengan tetap memastikan tingkat produktivitas karyawan yang selalu terjaga?

Kemudian, bagaimana seorang pemimpin memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat pesat dewasa ini? Bagaimana memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan penjualan, memperluas jaringan pemasaran? Bagaimana menggunakan teknologi digital untuk mengembangkan organisasi?
Perkembangan teknologi sangat dibutuhkan (sudah tersedia dan akan terus berkembang) saat terjadi pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah “memaksa” suatu perubahan harus segera terjadi, sebenarnya sebelum pandemi ini menjadi faktor yang sangat besar pengaruhnya, kita sudah menghadapi faktor perubahan yang besar juga, yakni hadirnya generasi milenial dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Banyak perusahaan yang menjadi jauh lebih besar (berkembang sangat pesat), bahkan ada Startup yang langsung melejit, karena mampu mengakomodir gaya dan pola pikir generasi milenial. Bukan berarti juga perubahan-perubahan besar yang terjadi semuanya bermuatan positif saja, banyak hal-hal yang tetap harus diperhatikan oleh seorang pemimpin agar tidak terjebak pada kondisi yang liar. Disinilah diperlukan kemampuan agile leadership.

Disamping hal-hal yang telah dibahas di atas, ada hal lain lagi yang perlu kita sadari untuk segera ditanggapi agar menjadi pemenang dalam persaingan bisnis, kita jangan sampai melupakan, bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan juga selalu berubah sangat cepat. Perkembangan lifestyle membawa perubahan dalam diri pelanggan. Perubahan pelanggan ini bukan lagi dalam hitungan rentang tahun, tetapi dalam hitungan “tren” yang tidak lagi terikat dengan waktu. Pelanggan sekarang membutuhkan proses yang cepat, mudah dan aman, bisa dilakukan dari mana saja, tanpa kontak langsung, semua maunya dikendalikan di dalam genggamannya melalui smartphone. Kondisi ini penting untuk disikapi dengan cepat dan tepat, butuh kelincahan seorang pemimpin organisasi.

TRANSFORMASI dan BANGKIT

Perubahan menyeluruh secara sistematis dan tertata merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjawab perubahan zaman dengan segala macam tuntutan, situasi dan kondisinya.
Ini semua menyadarkan kita bahwa saat ini “bukan lagi yang besar akan mengalahkan yang kecil, namun yang cepat akan mengalahkan yang lambat”.

Kami mendorong/ mengajak Anda untuk segera “bangkit” menjadi pemimpin yang lincah. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

20 Mei 2020
Teguh B. Supahwan - Principal Consultant 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Made with Mobirise ‌

Free Offline Site Maker