Customer-Focused Mindset

CUSTOMER-FOCUSED MINDSET

Ada banyak pelatihan maupun sumber belajar lain yang memberikan pemahaman tentang cara menghadapi pelanggan, cara menghadapi pelanggan yang marah, cara menjawab berbagai pertanyaan sulit, maupun cara membantu pelanggan mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Itu adalah tentang customer service orientation. Customer service orientation tidak sama dengan customer-focused. Customer service orientation adalah seputar “bagaimana” sementara customer-focused melebihi itu.

Customer-focused tidak hanya berbicara mengenai bagaimana bisa memberikan pelayanan yang terbaik atau tentang sikap positif saja. Customer-focused berbicara mengenai pemahaman tentang alasan di balik usaha tanpa henti untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Customer-focused tidak berdiri sendiri. Customer-focused diawali dengan mindset dan dicerminkan melalui perilaku kepada pelanggan itu sendiri.

Sangat mudah tentunya untuk menampilkan perilaku yang berorientasi pada pelanggan. Setiap karyawan yang sudah mengikuti pelatihan biasanya dapat mengaplikasikannya secara langsung. Akan tetapi, bagaimana membentuk mindset yang fokus pada pelanggan?

Berikut beberapa konsep yang dapat digunakan untuk membangun mindset yang berfokus pada pelanggan.

Pertama, “hasrat” untuk melayani orang lain. Tidak semua orang dengan mudah memahami hal ini. Tentu mungkin kita dapat memahami cara atau teknik untuk memberikan pelayanan pelanggan dengan baik, tapi tidak memahami intinya. Mindset yang berfokus pada pelanggan termasuk pada “hasrat” untuk melayani orang lain.

Kedua, ada di sini dan saat ini. Ketika memberikan pelayanan yang berfokus pada pelanggan, Anda perlu sepenuhnya memberikan diri Anda kepada pelanggan. Anda harus meyakinkan bahwa Anda ada bersama pelanggan dan sedang melihat masalah yang pelanggan alami dengan cara mereka atau dari perspektif mereka.

Ketiga, sadarilah bahwa Anda bukan sedang merepresentasikan diri Anda melainkan seluruh organisasi. Saat Anda akan melayani pelanggan, hal yang harus tertanam di benak Anda adalah tanggung jawab. Anda tidak sedang membangun citra Anda sendiri di depan pelanggan melainkan organisasi. Mungkin hal ini cukup sulit dan justru menjadi tantangan untuk Anda, oleh sebab itu ada konsep keempat yaitu

Teruslah belajar. Selalu ingat bahwa tidak ada sesuatu yang instan termasuk menjadi seorang yang memiliki mindset yang berfokus pada pelanggan. Jangan takut salah dan selalu berusaha memperbaiki diri dalam setiap kesempatan.

Akhirnya sebagai kesimpulan, ketika Anda terus menerus melakukan hal ini dengan benar, Anda tidak hanya mengubah diri Anda ke arah yang lebih baik tetapi juga organisasi Anda.

Lisa Masiello, seorang Penulis dan Founder dari TECHmarc Labs, Inc berpesan “Happy customers are your biggest advocates and can become your most successful sales team”. “Pelanggan yang senang adalah pendukung terbesar Anda dan dapat menjadi tim penjual Anda yang paling sukses.” 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

19 Juni 2020
Antonius Baringan - Product Development Staff 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Designed with Mobirise ‌

Free Offline Website Software