Mengembangkan Jalur Karir

MENGEMBANGKAN JALUR KARIR (CAREER PATH)

Perusahaan yang berhasil membutuhkan karyawan yang handal untuk dapat memberikan dukungan optimal dalam mewujudkan tujuannya. Membentuk karyawan yang handal ibarat bertepuk tangan, diperlukan kedua pihak untuk mewujudkannya, pihak perusahaan sebagai pemberi kesempatan dan pihak karyawan sebagai penerima kesempatan.

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh perusahaan dalam memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk berkembang adalah dengan menyediakan jalur karir yang jelas, hal ini biasa disebut dengan Career Path.

Jalur Karir adalah rangkaian posisi yang harus dilalui untuk mencapai tingkatan posisi tertentu dalam perusahaan. Penyusunan Jalur Karir dapat dilakukan dengan membuat Profil Kompetensi Posisi (Position Competency Profile) yang perlu dimiliki oleh seorang karyawan untuk menduduki suatu posisi tertentu.

Menyusun Jalur Karir berdasarkan Position Competency Profile dapat dilakukan dengan beberapa tahap sebagai berikut :

Pertama, membuat profil kompetensi untuk setiap posisi yang ada di dalam perusahaan dengan melakukan identifikasi terhadap setiap posisi dan kompetensi yang diperlukannya. Dengan melakukan tahapan ini, maka perusahaan akan memiliki gambaran tentang kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk setiap posisi secara spesifik dan memudahkan dalam melakukan identifikasi terhadap karyawan yang berkompeten.

Kedua, melakukan pengelompokkan terhadap posisi-posisi yang memiliki profil kompetensi kurang lebih sama, atau biasanya disebut dengan Job Family. Dengan melakukan tahapan ini, maka perusahaan akan mendapatkan gambaran tentang keseluruhan Job Family yang ada.

Ketiga, melakukan identifikasi jalur karir berdasarkan Job Family yang ada. Dengan melakukan tahapan ini, maka perusahaan akan mendapatkan gambaran tentang seluruh jalur karir yang tersedia. 

Beberapa pergerakan jalur karir yang terdapat di dalam perusahaan di antaranya adalah:

  1. Pergerakan Jalur Karir Vertikal, yaitu pergerakan karir di unit kerja yang sama untuk level posisi yang lebih tinggi.
  2. Pergerakan Jalur Karir Diagonal, yaitu pergerakan karir di unit kerja yang berbeda untuk level posisi yang lebih tinggi.
  3. Pergerakan Jalur Karir Lateral, yaitu pergerakan karir untuk level posisi yang sama.

Dengan jalur karir yang jelas, baik perusahaan dan karyawan akan mendapatkan pemahaman yang sama tentang apa yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk pengembangan kompetensi yang diperlukan. Perusahaan dapat melakukan perencanaan terkait program pelatihan dan pengembangan kompetensi lainnya, serta mempersiapkan rencana suksesi (succession plan) secara efektif, sedangkan karyawan dapat mempersiapkan dan menata diri untuk menetapkan target karir yang diimpikannya.

Marilah kita ambil bagian dan terus mengembangkan kemampuan kita dalam membangun kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

10 Juli 2020
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Built with Mobirise ‌

Web Page Creator