Mengenal Performance Management

MENGENAL PERFORMANCE MANAGEMENT

Apa itu performance management?

Performance management telah mengalami pergeseran makna sejak pertama kali istilah ini dikeluarkan sebagai sebuah konsep. Awalnya performance management merujuk pada proses tahunan yang sekarang bergeser menjadi proses berkelanjutan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah memastikan karyawan dapat menampilkan kinerja yang efektif sepanjang tahun.

Performance management adalah sebuah inisiatif yang memandu karyawan untuk bisa mencapai tujuan mereka yang tentunya sejalan dengan tujuan organisasi. Performance management adalah proses berkelanjutan antara Manager dan karyawan untuk memastikan tujuan tadi tercapai dan sejalan.


Lalu, mengapa performance management penting?

Berikut beberapa hal yang menjadi jawaban mengapa performance management penting bagi sebuah organisasi.

Pertama, performance management memberikan ekspektasi yang realistis. Dengan adanya sistem performance management yang sifatnya terukur dan jelas serta berdasarkan jangka waktu tertentu, membuat organisasi, khususnya Management tahu tentang posisi saat ini. Poin tentang apa yang perlu ditingkatkan, strategi apa yang bisa semakin digiatkan menjadi jelas untuk Management. Informasi posisi organisasi terhadap tujuan yang ingin dicapai bisa memberikan gambaran dan ekspektasi yang tidak muluk-muluk untuk setiap pihak.

Kedua, performance management mendorong perilaku yang sejalan. Maksudnya sejalan adalah mendukung tujuan organisasi. Dengan adanya performance management, hal ini akan dapat mendorong perilaku setiap karyawan yang sesuai dan tidak menyimpang. Sesuai dengan porsi dan tanggungjawabnya masing-masing.

Ketiga, membuat tim berada dalam satu kondisi yang sama. Performance management akan membuat sebuah tim atau sekelompok tim berada dalam kondisi yang sama. Semua diharapkan memiliki visi yang sama dan mengarah kepada tujuan yang sama.

Keempat, adalah menggalakkan kerja sama antar divisi. Tujuan dari setiap divisi tentunya akan selalu sejalan dengan tujuan yang dimiliki oleh organisasi. Tujuan divisi mungkin berbeda satu sama lain, akan tetapi dengan adanya performance management dan pengetahuan tentang kemana organisasi akan menuju, hal ini dapat menggalakkan kerja sama antar divisi tadi, untuk saling bahu membahu sesuai dengan fungsi dan tanggungjawab mereka mencapai tujuan organisasi secara bersama-sama.


Peran Teknologi

Terakhir. Kemajuan teknologi memberikan sentuhan baru untuk praktek pelaksanaan performance management ini. Banyak automasi yang dapat dilakukan dan diadaptasi dalam organisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing tahap. Teknologi ini tentunya dapat dijadikan sarana untuk memudahkan pekerjaan manusia sehingga sebuah pekerjaan dapat dilakukan secara efektif dan optimal. Peranan teknologi semakin dirasakan di masa pandemic saat ini. Saat pertemuan tatap muka belum memungkinkan untuk dilakukan, pertemuan secara virtual dapat menjadi pilihan. Pemanfaatan aplikasi, software, dan platform berbasis online yang merupakan pengembangan dari teknologi semakin meningkat dan tentunya memberikan sumbangan positif baik bagi karyawan maupun organisasi.

Akhirnya, tetap jaga kesehatan dan kinerja.  

Sukses selalu buat Anda dan tim!

24 Juli 2020
Antonius Baringan - Product Development Staff 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Built with ‌

Mobirise.com