Sekali waktu saya membuka salah satu aplikasi e-book di smartphone saya untuk melakukan update buku-buku bisnis terbaru. Pada saat saya membuka aplikasi tersebut dan mulai mencari pada bagian new-release, saya dikejutkan dengan adanya menu informasi pada bagian saran terkait buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan saya. Saya kemudian membuka menu tersebut dan saya menemukan beberapa referensi buku bisnis, tidak semua baru, namun cukup sesuai dengan kebutuhan saya. Nampaknya aplikasi ini mengerti buku-buku apa saja yang saya cari. Saya bertanya di dalam hati, “Bagaimana aplikasi ini bisa begitu mengerti kebutuhan saya, bahkan sebelum saya menyadari kebutuhan tersebut?”.
Sebagian besar dari Anda, mungkin pernah mengalami pengalaman yang saya alami dengan produk-produk lainnya, seperti ketika Anda berbelanja on-line di market place dengan menggunakan aplikasi belanja yang tersedia di smartphone Anda.
Hal ini menunjukkan kekuatan dari database customer yang dikelola dan dianalisis sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan untuk dan meningkatkan hubungan dengan customer yang pada akhirnya membawa pada peningkatan bisnis, inilah yang disebut dengan Customer Relationship Management (CRM) yang mulai berkembang pada akhir tahun 1990.
Dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi, CRM berkembang sangat pesat dengan jangkauan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bayangkan saja sebelum customer menyadari kebutuhan belanja bajunya, aplikasi di smartphone dapat memberikan saran terkait dengan kebutuhan lainnya seperti warna, model dan ukuran secara lengkap, tidak hanya baju, tetapi juga celana, sepatu, dan lain sebagainya.
Penerapan CRM telah terbukti di banyak perusahaan di seluruh dunia dan akan terus berkembang di masa yang akan datang. Dengan CRM sebuah perusahaan membuktikan eksistensinya sebagai service provider yang peduli terhadap customer dan selalu update terhadap perkembangan zaman.
Marilah kita terus meningkatkan hubungan dengan customer dengan implementasi CRM di lingkungan kerja yang pada akhirnya akan membawa peningkatan bisnis yang berkesinambungan.
Sukses selalu buat Anda dan tim!
7 Agustus 2020
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development
Link to our Services
Link to our Public Seminars
or Contact us:
Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id