Habits of Excellence

HABITS OF EXCELLENCE

Saya teringat ketika akan memasuki tahun 2019, saya membuat sebuah resolusi tahun 2019, salah satunya adalah untuk mencapai berat badan pada Desember 2019 menjadi 80 kilogram, sedangkan pada saat itu berat saya 95 kilogram, jadi saya merencanakan menurunkan berat badan sebanyak 15 kilogram dalam 12 bulan, atau sekitar 1,25 kilogram per bulan yang menurut saya mungkin untuk saya capai. Saya membuat rencana untuk mencapai hal tersebut seperti dengan menetapkan kegiatan-kegiatan rutin seperti berolahraga dan mengatur pola makan.

Ternyata niat saja tidak cukup, dengan berjalannya waktu, saya mulai meninggalkan kegiatan-kegiatan yang sudah saya rencanakan dan kehilangan harapan untuk mencapai berat badan yang telah saya tetapkan. Pada akhir tahun 2019 berat badan saya 93 kilogram, tidak terjadi perubahan signifikan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apa yang menjadi penyebab tidak tercapainya target yang telah ditetapkan? Mengapa target yang dibuat seolah berat untuk dicapai?

Pernahkan kita mendengar pepatah: “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” Atau “Barang siapa setia dalam perkara kecil, akan diberikan tanggung jawab dalam perkara yang lebih besar.” Atau “Perjalanan seribu mil dimulai dari langkah pertama.” Pesan utama dari 3 pepatah ini adalah pencapaian besar didapat melalui melakukan tindakan-tindakan kecil secara konsisten. Dengan kata lain, tindakan-tindakan kecil yang kita lakukan dengan terus-menerus akan membawa dampak yang besar. Tindakan yang dilakukan terus-menerus atau berulang-ulang inilah yang disebut dengan Kebiasaan (Habit).

Pada awalnya kitalah yang membentuk kebiasaan, namun pada akhirnya kebiasaan-lah yang membentuk kita. Pribadi-pribadi yang unggul adalah mereka yang dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan tertentu yang membawa mereka kepada hasil yang unggul, tidak ada yang kebetulan. Kebiasaan selama 21 hari dan dilanjutkan sampai 90 hari.  

Berikut adalah beberapa pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengembangkan Kebiasaan-kebiasaan yang membawa pada keunggulan (Habits of Excellence):

  1. Tetapkan tujuan yang unggul.
    Rumuskan tujuan yang menjadikan diri Anda unggul, tujuan ini tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bermanfaat buat orang lain. Anda dapat merumuskan tujuan dengan menuliskannya dalam beberapa aspek kehidupan: pekerjaan, keluarga, spiritual, kesehatan, sosial dan intelektual. Sebagai contoh pada aspek kesehatan Anda menetapkan tujuan menurunkan berat badan dari 95 kilogram menjadi 80 kilogram pada akhir tahun.
  2. Temukan alasan mengapa Anda harus mencapai tujuan tersebut.
    Dengan menemukan alasan dari tujuan Anda, maka Anda sedang menetapkan kebermaknaan bagi tujuan yang Anda rumuskan dan hal ini akan menjadi bahan bakar motivasi bagi Anda untuk mencapai tujuan. Sebagai contoh alasan dari menurunkan berat badan dari 95 kilogram menjadi 80 kilogram adalah agar Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar, mengingat anak-anak masih usia sekolah, sehingga sebagai orang tua masih dapat menjalankan tanggung jawab untuk membiayai anak sekolah.
  3. Tetapkan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
    Dengan menetapkan tindakan-tindakan yang diperlukan, maka Anda sedang menjadikan tujuan yang telah ditetapkan itu mungkin untuk dicapai. Sebagai contoh untuk menurunkan berat badan, Anda menetapkan tindakan berolahraga 3 kali seminggu masing-masing selama 60 menit dan makan tetap 3 kali sehari, namun makan kenyang hanya 1 kali.
  4. Lakukan tindakan tersebut selama 21 hari dilanjutkan sampai 90 hari.
    Bangunlah disiplin untuk melakukan tindakan-tindakan yang telah ditetapkan selama 21 hari dan dilanjutkan sampai 90 hari.
  5. Rayakan pencapaian Anda.
    Tetapkan milestone jangka pendek ketika Anda telah berhasil melakukan tindakan-tindakan yang telah ditetapkan. Sebagai contoh setiap 2 minggu Anda akan memberikan hadiah pada diri Anda sendiri, jika Anda berhasil melakukan tindakan-tindakan yang telah ditetapkan.

Habit of Excellence dapat dilakukan secara pribadi maupun dalam tim kerja secara kelompok. Ingatlah selalu hasil yang unggul tidak terjadi dengan kebetulan, namun hasil yang unggul merupakan kumpulan dari tindakan-tindakan kecil yang dilakukan dengan konsisten. Selamat mencapai keunggulan.

Sukses selalu buat Anda dan tim!

2 Oktober 2020
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Free HTML5 Maker