TNA adalah Jawaban atas Keraguan

TNA ADALAH JAWABAN ATAS KERAGUAN

Karyawan sebagai Sumber Daya Manusia (Human Resources/ HR) yang belakangan ini sering disebut dengan Modal Manusia (Human Capital/ HC) adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam sebuah organisasi. Proses mulai dari Strategic Planning sampai Strategy Implementation & Execution membutuhkan karyawan yang berkualitas pada setiap level yang terdapat di dalam Struktur Organisasi.

Pengelolaan terhadap karyawan sebagai sumber daya organisasi yang penting sangatlah berbeda dengan pengelolaan terhadap sumber daya organisasi lainnya, karena karyawan memiliki kapasitas yang dapat ditingkatkan, sedangkan sumber daya organisasi lainnya, seperti bangunan, mesin, peralatan/ perlengkapan kerja dan infrastruktur, kapasitasnya semakin lama semakin berkurang dengan berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, setiap organisasi mempunyai kewajiban dalam mengembangkan kapasitas dari seluruh karyawannya melalui program terpadu untuk mendapatkan hasil terbaik dan meningkatkan produktivitas.

Salah satu program yang umumnya dilakukan oleh organisasi untuk meningkatkan kapasitas karyawannya adalah melalui pelatihan (training). Namun training membutuhkan strategi yang terstruktur dan terpadu, hal ini sering menjadi perdebatan di dalam organisasi untuk menetapkan program training yang akan dilaksanakan, sehingga menimbulkan keraguan bagi departemen yang bertugas untuk mendesain dan mengeksekusi program training tersebut.  

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait pelaksanaan training di dalam organisasi:

  • Program training apa yang harus dilaksanakan tahun ini?
  • Bagaimana merumuskan program training yang tepat bagi karyawan?
  • Siapa saja yang harus mengikuti program training yang akan dilaksanakan?
  • Mengapa karyawan harus mengikuti program training ini?
  • Apakah program training yang dilaksanakan dapat menjawab kebutuhan organisasi?

Mungkin masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya terkait keraguan tentang pelaksanaan program training di dalam organisasi yang tidak terungkap pada pertanyaan-pertanyaan di atas. Jadi bagaimana solusinya untuk menjawab keraguan ini?

Salah satu pendekatan yang efektif untuk menjawab keraguan tersebut adalah dengan melakukan Training Need Analysis (TNA), yaitu Analisa tentang Kebutuhan Training di dalam sebuah organisasi.

TNA biasanya dilakukan menjelang akhir tahun untuk menyusun program dan anggaran terkait pengembangan karyawan pada tahun berikutnya. Dengan melakukan TNA, sebuah organisasi dapat menjawab keraguan seputar efektivitas pelaksanaan program training yang akan dilaksanakan.

Pada dasarnya yang dilakukan dalam TNA adalah menganalisa kompetensi dari karyawan yang ada di dalam organisasi dan bagaimana meningkatkan dan kompetensi tersebut untuk menunjang karyawan yang bersangkutan dalam mencapai kinerja yang maksimal.

Karena TNA yang efektif menggunakan pendekatan analisa kompetensi karyawan, sehingga program training yang dilaksanakan mempunyai sasaran yang jelas, dan pada akhirnya memiliki dampak yang signifikan bagi produktivitas organisasi.

Kami mendorong setiap organisasi untuk melakukan TNA yang terstruktur dan terpadu, agar program training yang dilaksanakan dapat memperoleh hasil yang efektif. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

23 Oktober 2020
Cakrajono Lawoto - Director of Learning & Development
Yoshino Milyard - Head of HR Services 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Made with Mobirise ‌

Web Page Creator