Role Model dalam Budaya Perusahaan

ROLE MODEL DALAM BUDAYA PERUSAHAAN

Salah satu kunci sukses sebuah perusahaan adalah adanya budaya kerja yang mengakar kuat dengan dukungan berbagai langkah strategi dan hierarki struktur. Tidak hanya dipahami oleh golongan top management, namun juga tertanam dalam sanubari setiap elemen perusahaan tanpa terkecuali. Artinya, semua orang di dalam perusahaan sudah berada pada frekuensi yang sama dalam memandang values dan goals perusahaan.

Setidaknya ada beberapa hal yang berkorelasi positif dengan poin tersebut. Pertama, karyawan memahami bagaimana respon yang diharapkan oleh para top management dalam situasi apapun. Kedua, karyawan percaya bahwa tanggapan yang diberikan adalah solusi terbaik yang dapat diberikan oleh perusahaan. Dan yang ketiga adalah karyawan yakin bahwa akan ada reward selama mereka menjalankan values perusahaan dengan baik.

Di sinilah poin penting peran seorang leader. Seorang leader bertanggung jawab atas cerminan dari values yang diusung oleh perusahaan. Leader yang baik dapat merefleksikan setiap nilai menjadi attitude dan budaya kerja. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri para karyawan meskipun pada prosesnya mereka sempat mengalami kesalahan dan kegagalan. Seperti pepatah yang diucapkan oleh Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha, di depan memberikan contoh.

Ibaratnya, leader adalah nakhoda yang akan membawa ke arah mana perusahaan berlabuh. Apakah nantinya ada beberapa titik yang akan menjadi pemberhentian sementara atau tidak. Apa saja goals yang diperjuangkan selama perusahaan berdiri. Dan values apa yang akan ditekankan dan menjadi ciri khas perusahaan. Karena sejatinya, semua elemen perusahaan akan bergerak sesuai arahan dari sang leader.

Namun tidak hanya mempermasalahkan tentang values dan goals perusahaan, leader yang baik tentu akan sangat memperhatikan bagaimana tingkat kesejahteraan dan kenyamanan karyawannya. Bukanlah hal yang naif, karena itu adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keterikatan karyawan dengan perusahaan. Bagaimana mungkin karyawan akan fokus dan ikut andil dalam memperjuangkan perusahaan jika jiwanya tidak ada pada kapal yang sama.

Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki sesuatu. Lakukan perubahan sekarang, sekecil apapun tindakan itu. Memang hal itu tidak akan mudah, tapi jangan pernah menyerah. Membangun budaya adalah perjuangan yang panjang. Akan ada banyak jatuh bangun dan pengorbanan yang menyakitkan. Tapi percayalah, pelaut yang ulung tidak lahir dari ombak laut yang tenang. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

30 Oktober 2020
Benny Sudjono - Learning Support Supervisor 

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Created with Mobirise ‌

Free Offline Web Page Software