Service Bukan Sekedar Ramah Dan Sopan

SERVICE BUKAN SEKEDAR RAMAH DAN SOPAN

Dunia usaha sudah tidak asing lagi dengan istilah pelayanan atau service kepada para pelanggannya untuk mempertahankan hubungan bisnis yang berkelanjutan. Antar kompetitor juga berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggannya termasuk juga “pelayanan” ini dijadikan media guna mengakuisisi pelanggan dari perusahaan kompetitor.

Masing-masing perusahaan membangun budaya service melalui service blueprint dengan memproyeksikan bisnis masa depan. Standar pelayanan merupakan salah satu wujud dasar dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Pelanggan (dan calon pelanggan) memiliki kebutuhan dan harapan terhadap penyedia produk/jasa (perusahaan) sehingga bersedia untuk menjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

“Kebutuhan” merupakan hal-hal yang diungkapkan oleh pelanggan untuk mendapatkan pemenuhan dari perusahaan, sedangkan “harapan” adalah sesuatu yang diinginkan namun tidak diungkapkan secara langsung oleh pelanggan.

Dalam hal ini sering kita lupa bahwa “solusi” atas kebutuhan yang diwajibkan untuk dipenuhi, bahkan terkadang kita menyepelekannya, dengan dalih petugas sudah memberikan pelayanan dengan ramah, sopan dan santun. Tidak menutupi kenyataan bahwa pelayanan yang ramah, sopan dan santun memang betul itu merupakan hal yang mendasar dalam dunia pelayanan. Hal ini merupakan hygiene factors dalam dunia bisnis.

Namun sadarkah kita bahwa, apa akibatnya jika pada saat melayani pelanggan, justru solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan tidak diwujudkan (atau, sekalipun diwujudkan namun dalam jangka waktu yang lama)? Dan akhirnya, tidak sedikit dari pelanggan yang melakukan komplain karena hal ini, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk pindah ke perusahaan kompetitor.

Dengan demikian sangat penting untuk menanamkan kesadaran semua karyawan, agar menyadari bahwa solusi atas kebutuhan dan harapan pelanggan itu wajib dipenuhi sesuai dengan standar pelayanan dan juga standar waktu (SLA/ Service Level Agreement).


Kami mendorong/ mengajak Anda untuk membudayakan Service dengan benar dan baik. 

Sukses selalu buat Anda dan tim!

6 November 2020
Teguh B. Supahwan

“What are the next steps?”

Link to our Services

Link to our Public Seminars

or Contact us:

Email: sarel@sarel.co.id
Phone: (021) 4517458/ 458509571
Mobile: 0878-7722-4521
Website: www.sarel.co.id

© 2022 PT Sarel Sentra Inspira. All Rights Reserved

Made with Mobirise ‌

HTML Page Generator